Desa Wisata Rumah Dome, Desa Teletubbies Yang Unik

13:22:00


Gempa Jogja bulan Mei 2016 berkekuatan 5,9 skala richter meluluh lantakkan Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Jogja. Hampir semua rumah di Dusun Nglepen rata dengan tanah. Bulan September 2016 sebuah lembaga swadaya masyarakat di Amerika Serikat bernama World Association of Non Governmental Organization (WAGO) lewat program Domes For The World memberikan bantuan khusus berupa rumah dome, rumah yang diadaptasi dari rumah Igloo Suku Eskimo. Keunggulan rumah dome adalah tahan gempa dan angin kencang. Donatur pembuatan rumah dome adalah Ali Alabar, pemilik Emaar Properties (Public Joint Stock Company yang berbasis di Dubai dan merupakan salah satu perusahaan real estate terbesar di dunia). Tanggal 29 April 2007 komplek rumah dome diresmikan oleh Menteri Pemukiman Hidup, Prof. Dr. Alwi Sihab dan diberi nama New Ngelepen, namun kebanyakan orang mengenal dengan nama Rumah Dome atau Rumah Teletubbies.

Welcome Gate Rumah Dome/Rumah Teletubbies
New Ngelepen saat ini merupakan satu-satunya kompleks rumah dome di Asia, total ada 80 unit, 52 unit sebagai rumah hunian dan sisanya untuk masjid, aula, pos kesehatan desa, homestay, MCK dan fasilitas umum lainnya. Rumah hunian di kompleks rumah dome berdiameter 7 meter dan tinggi 4,6 meter yang terdiri dari dua lantai, lantai pertama digunakan sebagai ruang tamu, kamar tidur dan dapur, kemudian lantai dua digunakan sebagai ruang keluarga, sedangkan toilet dibuat terpisah dari rumah hunian dan berdiri sendiri di tengah blok sebanyak 6 MCK. Rumah dome juga dilengkapi dengan 2 pintu, 4 jendela dan ventilasi udara di puncak domes untuk mengalirkan udara ke dalam rumah.

Sekretariat Rumah Dome
Sejak berdiri New Ngelepen sudah dikondisikan sebagai Desa Wisata. Dibuka setiap hari dari jam 08.00 - 17.00 WIB dengan "paket selfie" (istilah tiket masuk di rumah dome) sebesar Rp.5.000,- pengunjung bisa berkeliling dan berfoto sepuasnya. Berbagai wahana permainan anak seperti kereta mini, odong-odong, APV dan sepeda unik disediakan sebagai sarana tambahan, tentu saja dengan biaya tambahan. Bagi yang ingin melihat suasana rumah dome bisa masuk ke Galeri Rumah Dome, yang di dalamnya terdapat beberapa informasi tentang sejarah dan proses pembuatan rumah dome. Bagi yang suka coret-soret bisa menyalurkan bakatnya di “Rumah Inspirasi” yang berada di depan Galeri Rumah Dome. Jika ingin melihat Kompleks Rumah Teletubbies dari atas, pengunjung bisa menuju Bukit Teletubbies yang letaknya tidak jauh dari desa wisata ini.




Sepeda unik, sebagai salah satu fasilitas tambahan di Desa Wisata Rumah Dome

Untuk mengembangankan Desa Wisata Rumah Dome/Rumah Teletubbies, salah satu brand cat lokal lewat kegiatan CSRnya (Corporate Social Responsibility) menyulap kompleks rumah dome yang dulu berwarna putih menjadi warna-warni sehingga terlihat lebih cerah dan indah. Dengan suasana dan wajah baru ini diharapkan akan memberikan dampak positif pada pariwisata di Yogyakarta. 


Kompleks Rumah Dome/Rumah Teletubbies dilihat dari Bukit Teletubbies

You Might Also Like

0 comments