Air Terjun Lepo Yang Cantik dan Mungil

09:55:00


Menjelajahi potensi alam Kabupaten Bantul serasa tak ada habisnya. Salah satu potensi alam tersebut adalah Air Terjun Lepo yang menyimpan keindahan alam dengan gemericik air berwarna turquoise yang menyejukkan jiwa. Lepo merupakan singkatan dari Ledok Pokoh, ledok berarti tanah cerukan, sedangkan Pokoh adalah nama dusun tempat air terjun ini berada, yakni Dusun Pokoh 1 di Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, sekitar 30 km dari Kota Jogja. Kalau dari Air Terjun Randusari jaraknya hanya sekitar 5 km. Walaupun papan petunjuk menuju air terjun masih minim, lokasinya cukup mudah dijangkau, bisa menggunakan bantuan GPS. Setelah memarkir kendaraan, perjalanan menuju air terjun dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak bersemen sejauh 200 meter diantara rimbunnya pepohonan.

Air Terjun Lepo terdiri dari 3 tingkatan. Tingkat pertama dengan ketinggian sekitar ½ meter dan terlihat seperti aliran sungai. Pada bagian bawahnya terdapat sebuah kolam dengan kedalaman 1 meter. Air terjun kedua tingginya sekitar 10 meter dan merupakan daya tarik utama destinasi wisata ini. Pada bagian bawahnya terdapat sebuah kolam dengan kedalam sekitar 1 meter. Air terjun ketiga tingginya sekitar 10 meter dengan sebuah kolam dibawahnya. Untuk menuju ke air terjun ketiga ini harus hati-hati karena jalannya curam dan licin.

Air terjun tingkat kedua dengan ketinggian sekitar 10 meter
Air terjun tingkat ketiga dengan ketinggian sekitar 10 meter 
Destinasi wisata yang mulai dikembangkan tahun 2013 ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas, diantaranya toilet, mushola dan warung makan. Tidak ada patokan harga untuk retribusi tiket masuk, pengunjung dipersilahkan memberi sumbangan seikhlasnya pada kotak yang telah disediakan, sedangkan untuk parkir motor dikenakan tarif Rp.3.000,-

Jika berkunjung ke Air Terjun Lepo selain mengabadikan dalam bentuk foto atau video, cobalah untuk merasakan kesejukan airnya, berenang atau hanya sekedar membasuh tangan dan kaki. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan.

You Might Also Like

0 comments