Pesona Air Terjun Randusari Yang Tersembunyi

08:48:00


Kabupaten Bantul kaya akan wisata alam, namun traveler yang ke Bantul kebanyakan hanya mengunjungi wisata alam Kebun Buah Mangunan dan beberapa hutan pinus yang dikelola Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan. Belum banyak yang tahu kalau di Bantul ada air terjun cantik yang tersembunyi di bawah pohon randu. Air terjun yang berada di Dusun Rejosari, Desa Jatimulyo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, sekitar 26 km dari Kota Jogja itu bernama Air Terjun Randusari. Nama tersebut diambil dari pohon randu yang berada di sekitar air terjun dan nama dusun tempat air terjun ini berada.

Perjalanan menuju Air Terjun Randusari lebih enak ditempuh dengan menggunakan motor. Gunakan bantuan GPS karena masih minimnya papan petunjuk menuju Air Terjun Randusari. Parkirkan motor di pekarangan warga dan lanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak melewati parit dan sawah. Setelah berjalan sekitar 200 meter, pengunjung akan disambut suara gemuruh air terjun dengan segarnya aliran air yang menuju ke sebuah sungai kecil.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 10 meter ini sekilas seperti air terjun kembar dengan kolam sedalam 3 meter dibawahnya dan beberapa bebatuan besar di sekitarnya. Suasana yang cenderung tidak ramai menjadikan air terjun ini serasa milik pribadi, jika mau bermalas-malasan sambil menikmati air terjun bisa memanfaatkan hammock atau gazebo yang ada.



Menikmati keindahan Air Terjun Randusari yang serasa milik pribadi
Air Terjun Randusari masih minim fasilitas, hanya terdapat beberapa gazebo dan tempat sampah. Dengan tiket masuk Rp.1.000,- dan parkir Rp.3.000,-, destinasi wisata alam ini terbilang cukup murah. Jadi jika Anda ingin melepas penat sambil menikmati udara segar dan pemandangan alam yang indah serta suasana yang cenderung tidak ramai, tempat ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata alam alternatif Anda.

You Might Also Like

0 comments