Taman Alam Lumbini, Pagoda Tertinggi dan Termegah di Indonesia

09:31:00


Ga perlu ke luar negeri kalo ingin melihat pagoda yang megah, karena di Indonesia juga ada, namanya Taman Alam Lumbini. Nama Lumbini merupakan nama tempat di kaki Gunung Himalaya (Nepal) tempat Sidharta Gautama dilahirkan. Pagoda di Taman Alam Lumbini ini merupakan replika Pagoda Shwedagon, pagoda paling megah di dunia yang terletak di kota Yangon, Myanmar.  Kata “Shwe” berarti emas dan “Dagon” adalah nama terdahulu dari kota Yangon (Ibukota Myanmar). Jadi Shwedagon berarti pagoda emas di kota Dagon. Pagoda tersebut dipercaya telah dibangun sejak ± 2.600 tahun yang lalu, pada saat Sang Buddha Gautama masih hidup. Atas inspirasi dari Pagoda Shwedagon di Myanmar tersebut, pada tahun 2007 dimulailah pembangunan Replika Pagoda Shwedagon di komplek International Buddhis Centre - Taman Alam Lumbini dan selesai pada tahun 2010.


Taman Alam Lumbini berada di Desa Dolat Rayat, Kabupaten Karo, Sumatra Utara, sekitar 7 km dari Kota Berastagi dan 60 km dari Kota Medan. Perjalanan jauh menuju Taman Alam Lumbini tidak akan terasa lama karena selama perjalanan kita akan disuguhi pemandangan alam yang indah dan sejuk. Sebuah Pagoda besar dan megah terlihat ketika saya mulai memasuki kawasan dengan luas 3 hektar ini. Relief-relief dan patung Budha menambah keindahan Pagoda.Pagoda di Taman Alam Lumbini ini merupakan pagoda tertinggi dan terindah di Indonesia dengan tinggi 46,8 meter, panjang 68 meter dan lebar 68 meter. Di puncak pagoda terdapat lonceng yang akan berdentang jika ditiup angin, sedangkan di sebelah kanannya terdapat sebuah menara dengan hiasan gelang-gelang emas. Selain pagoda emas yang saat ini masih digunakan sebagai tempat beribadah umat Budha, ada juga sebuah taman dengan aneka bunga dan tanaman.

 



Untuk masuk ke kawasan Taman Alam Lumbini pengunjung tidak dipungut biaya, cukup mengisi buku tamu dan harus mematuhi peraturan yang ada. Bagi yang suka foto selfie tentu tidak akan melewatkan moment untuk berfoto disini, karena berfoto dengan background pagoda emas di Taman Alam Lumbini ini seakan sedang berada di Thailand.


You Might Also Like

0 comments