10 Bali Baru sebagai Destinasi Wisata Prioritas

21:48:00


Wilayah Indonesia sangatlah luas mulai dari Sabang sampai Merauke, dan setiap provinsi memiliki keunikan dan keunggulan masing-masing. Tetapi kalau bicara tentang pariwisata Indonesia tentu tak lepas dari Bali, ga ada yang mampu menandingi eksotika alam dan budaya masyarakatnya yang sangat kental. Travellers' Choice Awards 2017 yang diadakan TripAdvisor pun menobatkan Bali sebagai destinasi wisata terbaik dunia.
Seiring perkembangan sektor pariwisata, sudah saatnya Indonesia ga hanya bergantung kepada Bali, namun bukan berarti mengantikan posisi Bali sebagai ikon utama pariwisata Indonesia, tetapi berusaha menciptakan Bali Baru.” Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata pada akhir tahun 2015 mencanangkan 10 Bali Baru yang akan menjadi prioritas pengembangan pariwisata Indonesia. Kesepuluh destinasi prioritas ini akan dipoles sedemikian rupa agar bisa selevel dengan Bali sehingga mampu menunjang target 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2019. Menurut Menteri Pariwisata, Arief Yahya istilah "Bali" digunakan karena Bali dianggap sebagai ikon pariwisata Indonesia di mata dunia yang sudah memiliki popularitas dan untuk menekankan bahwa di Indonesia masih banyak destinasi wisata lain yang ga kalah dari Bali yang bisa dikunjungi. Kesepuluh Bali Baru tersebut adalah:
DANAU TOBA (SUMATRA UTARA)
Danau yang terbentuk karena aktivitas vulkanis ini terletak di Provinsi Sumatra Utara dan merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara (panjang 100 km dan lebar 30 km). Saat ini Danau Toba masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Sumatera Utara, selain karena adanya sebuah pulau vulkanik di tengahnya (Pulau Samosir), pemandangan dan sunset di danau ini sangat indah.

TANJUNG KELAYANG (BANGKA BELITUNG)
Belitung merupakan gudangnya pantai yang menawan. Salah satu pantai menawan tersebut adalah Tanjung Kelayang, sekitar 27 km dari pusat Kota Tanjung Pandan. Hamparan pasir putih dan bebatuan cadas besar menjadikan pantai ini memiliki ciri khas tersendiri. Selain itu Tanjung Kelayang memiliki air yang jernih berwarna biru kristal. Kawasan Belitung saat ini berstatus sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

KEPULAUAN SERIBU (DKI JAKARTA)
Kepulauan Seribu merupakan kepulauan eksotis di ujung Kota Jakarta dengan pulau-pulau kecil yang cantik. Selain menjadi resort island, kepulauan ini dikenal sebagai taman nasional laut dengan cagar laut seluas 106 ribu kektar. Kepulauan Seribu dapat dicapai dengan menggunakan kapal dari Marina Ancol.

TANJUNG LESUNG (BANTEN)
Tanjung Lesung merupakan semenanjung alami di ujung barat Pulau Jawa, tepatnya di Desa Tanjung Jaya, Kabupaten Pandeglang Banten. Pantai Tanjung Lesung terkenal dengan panorama alamnya yang indah, pasirnya yang putih dan pemandangan bawah lautnya yang menawan. Kawasan Tanjung Lesung saat ini berstatus sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

BOROBUDUR (JATENG)
Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar di dunia dan menjadi salah satu keajaiban dunia. Candi yang dibangun oleh Raja Samaratungga dari dinasti Syailendra pada abad ke-8 ini terletak di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, sekitar 40 km dari Jogja. Guna mendukung Candi Borobudur sebagai destinasi wisata prioritas, semua fasilitas dan pelayanan akan dibuat berstandar internasional dan memenuhi standar bintang empat.

BROMO, TENGGER, SEMERU (JATIM)
Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif di Jawa Timur yang terletak di 4 kabupaten yaitu Malang, Probolinggo, Pasuruan dan Lumajang. Di taman nasional yang memiliki luas 50.276 hektar ini terdapat sekitar 137 jenis burung, 22 jenis mamalia dan 4 jenis reptilia. Kawasan ini juga menjadi satu-satunya tempat konservasi yang memiliki laut pasir seluas 5.250 hektar yang berada pada ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut.

MANDALIKA (NUSA TENGGARA BARAT)
Keindahan alam yang didominasi pantai-pantai indah membuat Mandalika sangat menarik untuk dikunjungi. Terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Mandalika akan dikembangkan menjadi lokasi wisata MICE seperti Nusa Dua Bali. Mandalika sudah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata 24 tahun lalu, namun proyek pengembangan kawasan wisata seluas 1.035 hekar itu terhenti.

LABUAN BAJO (NUSA TENGGARA TIMUR)
Labuan Bajo adalah sebuah kota nelayan dengan pelabuhan kecil yang berada di ujung barat Pulau Flores dan merupakan pintu masuk ke Taman Nasional Komodo. Labuan Bajo menawarkan pesona alam yang cantik dan beragam aktivitas wisata lainnya seperti Pulau Padar, Pulau Rinca dan Pink Beach

WAKATOBI (SULAWESI TENGGARA)
Wakatobi merupakan singkatan dari 4 nama wilayah yaitu Wangi-wangi sebagai ibukota kabupaten, Kalidupa, Tomia dan Binongko. Wakatobi merupakan salah satu spot menyelam terbaik yang ada di Indonesia. Keindahan Kawasan Taman Nasional Wakatobi sebenarnya sudah terkenal di mancanegara terutama setelah Ekspedisi Wallacea dari Inggris pada 1995 yang menyebutkan bahwa kawasan di Sulawesi Tenggara ini sangat kaya akan spesies koral. Meski demikian, Wakatobi masih kurang mendapat kunjungan jika dibandingkan dengan spot-spot menyelam lainnya.

PULAU MOROTAI (MALUKU UTARA)
Pulau Morotai merupakan pulau paling utara di Indonesia, berdekatan dengan Negara Filipina.  Pulau Morotai mendapat julukan “Mutiara di Bibir Pasifik” karena lokasinya yang berada di Samudera Pasifik. Pulau indah ini memiliki banyak pantai menarik, landai, berpasir putih, berair jernih dan berombak tenang yang akan menggoda banyak orang untuk berenang.
Selain menetapkan 10 Bali baru sebagai destinasi wisata prioritas, saat ini Pemerintahan Indonesia juga sedang gencar mempromosikan tagline Pesona Indonesia atau Wonderful Indonesia dan menggelar berbagai event di berbagai negara untuk menjaring wisatawan mancanegara ke tanah air. Pembangunan infrastruktur untuk kemudahan akses menuju destinasi wisata juga sudah mulai dilaksanakan. Yang masih menjadi PR pemerintah saat ini adalah memperbaiki hal-hal yang menjadi kelemahan daya saing pariwisata Indonesia selama ini, antara lain environmental sustainability, health and hygiene, tourist service infrastructure, ICT (Information and Communication Technology) readiness, safety and security dan ground and port infrastructure. 

You Might Also Like

0 comments