Staycation

09:55:00


Mewabahnya pandemi covid 19 membuat industri pariwisata terpuruk. Salah satunya adalah industri perhotelan. Banyak industri perhotelan yang menutup usahanya untuk sementara, meski ada juga beberapa hotel yang masih tetap beroperasi.
Untuk mengatasi anjloknya occupancy, pengelola hotel memutar otak agar bisnisnya tetap eksis di tengan pandemi covid 19. Salah satu stategi yang diambil adalah menjual paket staycation. Apa itu staycation? Staycation merupakan gabungan dari dua kata, stay (tinggal) dan vacation (berlibur). Jadi staycation bisa diartikan sebagai berlibur dengan cara menetap atau tinggal. Menurut Google Dictionary, staycation adalah liburan yang dilakukan di negara sendiri, bukan di luar negeri, atau liburan yang dilakukan di rumah dan melibatkan perjalanan ke atraksi-atraksi lokal yang berada di sekitar area tempat tinggal. Sedangkan menurut Cambridge Dictionary, definisi Staycation adalah liburan yang dilakukan di rumah atau di dekat rumah tanpa pergi atau melakukan perjalanan ke tempat lain.
Di Amerika Serikat trend staycation sudah dikenal sejak tahun 2003, sedangkan di Indonesia baru trend akhir-akhir ini di kota-kota besar. Hotel, apartment, dan villa menjadi pilihan favorit tujuan staycation di Indonesia. Hotel atau akomodasi lainnya yang nyaman serta memiliki fasilitas yang lengkap tersebut dianggap mampu memberikan suasana berbeda daripada menghabiskan hari libur berdiam diri di rumah. Lokasi hotel atau apartment yang berdekatan dengan pusat hiburan lainnya seperti Mall atau kawasan kuliner menjadi nilai tambah.

You Might Also Like

0 comments