Wisata Alam Seribu Batu Songgo Langit Bantul, Sebuah Negeri Dongeng di Bantul

13:52:00


Mau tahu bagaimana rasanya berada di Negeri Dongeng? Datang saja ke Wisata Alam Seribu Batu Songgo Langit. Destinasi wisata yang masuk dalam Kawasan Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan ini berada di Pedukuhan Sukorame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Jogja, sekitar 500 meter sebelum Hutan Pinus Mangunan. Nama tempat ini diambil dari bahasa Jawa, songgo berarti menyangga dan langit berarti langit. Jadi nama Wisata Alam Seribu Batu Songgo Langit dapat diartikan sebagai tempat yang terdapat banyak bebatuan yang menjulang tinggi seakan menyangga langit. 

Nuansa berada di negeri dongeng saya rasakan waktu memasuki Kawasan Wisata Alam Seribu Batu Songgo Langit. Selain kumpulan bebatuan besar, juga terdapat beberapa spot foto yang menarik, diantaranya gardu pandang, jembatan jomblo, bunga teratai besar, rumah Hobbit dan Rumah Seribu Kayu Negeri Dongeng (rumah Kurcaci). Bagi yang suka tantangan, ada arena flying fox dengan biaya Rp.15.000,-





Sebenarnya di Wisata Alam Seribu Batu Songgo Langit ada sebuah gardu pandang di puncak bukitnya dengan nama Puncak Songgo Langit, tetapi karena jaraknya yang lumayan jauh (sekitar 1 km) dan jalannya yang menanjak, jarang sekali pengunjung yang mau mencapai Puncak Songgo Langit. Informasi dari salah satu karyawan, membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mencapai Puncak Sanggo Langit. 

Dengan rasa penasaran saya mencoba untuk menuju Puncak Songgo Langit. Butuh tenaga ekstra dan kehati-hatian untuk menuju Puncak Songgo Langit karena jalan setapaknya becek, licin dan menanjak. Setelah sampai di papan petunjuk kedua akhirnya saya menyerah, selain tidak ada kejelasan tentang seberapa jauh lagi tujuannya, juga dikarenakan cuaca yang berawan. Dan ternyata benar, sebelum kembali dan sampai ke tempat asal, hujan mulai turun. Akhirnya saya buru-buru turun sambil berlari hingga akhirnya saya terpeleset dan jatuh, kaki sayapun jadi terkilir. Akhirnya dengan berjalan agak pincang saya berjalan menuruni jalan setapak mencari gubug yang ada untuk berteduh.

Fasilitas yang ada di Wisata Alam Seribu Batu Songgo Langit sudah cukup lengkap, ada banyak warung makan, mushola dan tempat parkir yang luas. Untuk memasuki Wisata Alam Seribu Batu Songgo Langit pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp.2.000,- dan parkir motor Rp.2.000,-

You Might Also Like

0 comments