Tagline Pariwisata Lampung "Lampung the Treasure of Sumatra"

10:57:00


Provinsi Lampung memiliki 54 pulau-pulau kecil yang berada pada dua buah teluk besar yaitu Teluk Lampung dan Teluk Semaka. Dengan letaknya yang sangat strategis dan keindahan alam Teluk Lampung, gugusan Gunung Krakatau, Taman Nasional Way Kambas, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan dan atraksi wisata lain yang tersebar di 15 Kabupaten/Kota menjadikan Lampung sebagai kawasan wisata alternatif bagi warga Banten, Jakarta dan daerah lain di Sumatra.


Dengan potensi pariwisata Lampung tersebut, Pemerintah Provinsi Lampung membuat tagline Lampung The Treasure of Sumatra.” Soft launching tagline pariwisata lampung tersebut dilaksanakan pada tanggal 28 April 2016 di Harris Hotel & Residence, Sunset Road, Kuta, Bali. Sesaat setelah launching tagline, diadakan penandatanganan MOU antara ASITA Lampung dan Bali. Pada saat yang bersamaan juga dilaksanakan Lampung Tourism Business Meeting & Pameran Pariwisata Lampung.


Tagline dan logo branding "Lampung the Treasure of Sumatra" kemudian secara resmi di launching oleh Gubernur Lampung Ridho Ficardo pada Acara Jelajah Rasa Festival Krakatau 2016 di Lapangan Saburai, Bandar Lampung.


Logo branding "Lampung the Treasure of Sumatra" mengadaptasi bentuk Siger (mahkota yang dikenakan oleh wanita Lampung pada upacara-upacara adat dan merupakan suatu simbol kehormatan dan simbol budaya Lampung yang sering diaplikasikan pada bangunan, monumen serta berbagai ragam hias). Sedangkan warna-warna pada logo mempunyai filosofi sebagai berikut :
  1. Warna merah melambangkan kehidupan, yang memiliki sifat yang tegas dan kuat.
  2. Warna jingga melambangkan inovasi, semangat pembaruan, yang memiliki sifat aktif dan sifat keterbukaan.
  3. Warna hijau melambangkan kreativitas, ramah kepada alam, keselarasan, yang memiliki sifat menyenangkan dan keterbukaan.
  4. Warna biru melambangkan kesemestaan, kedamaian, keteguhan, yang memiliki sifat yang menyejukkan dan tenang.
  5. Warna hitam pada tulisan ”Lampung” menggambarkan kekuatan yang memiliki sifat tenang dan dapat menyelaraskan atau beradaptasi. Warna yang kuat diperingan dengan membuat huruf tampil lebih dinamis dan tidak kaku.
  6. Warna emas pada tagline (tema branding) menggambarkan keagungan yang memiliki sifat mulia dan terpuji.
Sedangkan tulisan “Lampung” menunjukkan sebuah tempat yang menyenangkan dan terbuka bagi siapapun (invitation to come), yang memiliki alam yang menyegarkan dan membawa ketenangan (refreshing) namum sarat dengan ragam budaya yang hidup dan budaya yang kuat (richness).

Tulisan "The Treasure of Sumatra" pada tagline ini secara universal dapat diartikan "Ragam Kekayaan Sumatra." Tema ini dimaknai sebagai kekayaan alam dan kekayaan budaya yang ada di Provinsi Lampung yang terletak di Pulau Sumatra, salah satu pulau terbesar di Indonesia yang kaya akan hasil bumi, keindahan alam, adat istiadat, kearifan lokal, seni budaya serta keramahtamahan masyarakatnya. Inti dari tema ini menyampaikan pesan bahwa Lampung kaya akan keindahan alam dan keragaman budaya, Lampung memiliki banyak keindahan yang tidak terduga dan sulit diungkapkan. Potensi pariwisata dan budaya Lampung selama ini terkesan tersembunyi padahal sebenarnya Lampung memiliki daya tarik dan keindahan yang luar biasa bagaikan sebuah kekayaan yang telah lama terpendam. Hal inilah yang melengkapi dan menjadi keunggulan Lampung sebagai salah satu destinasi pariwisata di Indonesia.




You Might Also Like

0 comments